Home Kesehatan Beluntas Untuk Kesehatan Manusia

Beluntas Untuk Kesehatan Manusia

10 min read
0
manfaat daun bluntas

Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Manfaat Bluntas – Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang banyak ditemukan di kawasan indonesia. Tanaman ini dapat hidup dengan liar dan dapat mudah tumbuh meski tak sengaja dibudidayakan. Beluntas memiliki hubungan dekat pada aster. Dan mempunyai nama latin Pluchea indica, tanaman ini sering tumbuh di dataran rendah, lahan basah, rawa payau pesisir, dan di daerah pasang surut. Beluntas juga kadang-kadang sering ditemukan di kawasan pedalaman hutan tetapi jenis spesies ini tidak suka daerah hutan padat yang teduh. Beluntas berbentuk tegak, banyak cabang, daun lonjong dan dapat tumbuh 1m hingga 2m. Beluntas berasal mulai dari Asia, India ke arah timur lalu Cina, Filipina, Indonesia dan Australia bagian belahan utara, tapi sudah banyak di peroleh di Samudra Pasifik.

 

Kandungan Kimia Beluntas

Dalam tanaman beluntas terdapat berbagai senyawa kimia diantaranya : alkaloid, tannin, sterol, natrium, minyak asitri, asam amino, lemak, vitamin A, vitamin C (lebih banyak didapat pada bagian daun ), dan senyawa flafonoida ( terdapat pada bagian daun dan akar ).

Sejumlah manfaat daun baluntas untuk obat penyakit dalam tubuh. Bagian tanaman yang sering di gunakan oleh orang ialah daunnya, baik dimakan mentah sebagai lalapan atau pun dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas memiliki aroma yang khas dan rasa pahit agak pedas menyegarkan. Khusus untuk pengobatan, bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan yaitu akar , batang, dan daunnya.

 

Penelitian Tentang Beluntas

  • Anti-inflamasi: akar beluntas menunjukkan aktivitas penghambatan yang sangat penting terhadap carrageenin-, histamine-, serotonin-, hyaluronidase dan natrium yang disebabkan peradangan sendi.
  • Antimikroba: hasil penelitian juga menunjukkan beluntas terbukti ampuh terhadap E coli d (sejenis bakteri yang tidak berbahaya), K pneumonia dan infeksi saluran kemih.
  • Gastroprotektif: bagian kecil metanol. Sari pati akar beluntas memiliki kandungan antiulcer pada jenis hewan percobaan yang berbeda. Hal ini karena tindakan yang melindungi yang penting dalam asam asetilsalisilat, serotonin dan lesi lambung yang di induksi indometasin pada tikus percobaan.
  • Antioksidan: Studi sari pati akar menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang penting terhadap kaki edema diinduksi glukosa oksidase, penghambatan radikal hidroksil dan superoksida.
  • CNS depresan: Studi ekstrak akar berkhasiat terhadap sistem saraf pusat yang ditandai oleh berubahnya perilaku, penurunan motilitas secara langsung, dan mengurangi perilaku agresif.
  • Meningkatkan pengeluaran insulin terhadap pasien diabetes, membantu mengatasi kanker, mengatasi dari gigitan nyamuk dan ular, dapat juga melindungi hati dari kerusakan dan lain sebaginya.

 

Berikut ini berbagai kegunaan daun beluntas untuk pengobatan :

Dun Beluntas Menghilangkan Keputihan

Daun beluntas yang dikenal sebagai tumbuhan tanaman liar ini, banyak di gunakan untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh para kaum hawa. Daun beluntas ini juga dapat membuat keputihan menjadi berhenti total dalam tempo yang cukup singkat.

caranya : Rebus daun beluntas ±20 lembar, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, satu ruas kencur dalam dua gelas air hingga sisa satu gelas, kemudian tiriskan. Minum ½ gelas air rebusan daun belutas 2 x sehari sampai masalah keputihan mereda. Selain daun beluntas, manfaat kunyit putih juga dapat digunakan untuk menangani keputihan, seperti halnya dengan memakan rebusan buah mengkudu yang masih muda

 

Daun Beluntas Bermanfaat Menghilangkan Bau Badan

Bau badan tentu merupakan masalah yang sangat mengganggu, terutama untuk kehidupan sosial. Baik para wanita atau pria, pasti akan sangat tidak percaya diri saat mengalami masalah tersebut. Mulai sekarang anda tidak perlu khawatir karena daun beluntas dapat menjadi solusi permasalahan Bau badan. Minum secara rutin air dari rebusan daun beluntas, maka bau badan yang terjadi pada diri anda dapat teratasi. Bahan herbal lain yang juga mampu mengatasi bau badan ini seperti manfaat daun sirih dan ampas kopi

 

Daun Beluntas Bermanfaat  Mengurangi Pegal Linu

Manfaat daun beluntas juga dapat digunakan untuk mengurangi pegal linu pada tubuh. Pegal linu yang sering di alami, pastinya akan menyiksa diri anda. Apabila mengalami masalah ini, sebaiknya minum air dari hasil rebusan daun beluntas sebanyak 3 x sehari.

 

Manfaat Daun Beluntas Mengobati Nyeri Pinggang

Banyak orang yang sering mengalami nyeri pinggang. Hal tersebut pasti akan mengganggu aktifitas, jika terus-terusan mengalami. Rebusan daun beluntas memiliki khasiat penghilang rasa ngilu terutama pada daerah pinggang. sebagian orang, sakit pinggul akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, namun cara mengobatinya ialah dengan meminum air dari hasil rebusan daun beluntas secara teratur.

 

Manfaat Beluntas Mengatasi Rematik

Bagi para orang tua yang mengidap penyakit rematik, dapat mencoba meminum ramuan dari rebusan daun beluntas. Khasiatnya dapat menghilangkan berbagai jenis nyeri, ternyata juga bisa digunakan untuk permasalahan rematik. Seperti manfaat jahe dan batang serai.

 

Manfaat Beluntas Mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas juga dapat menjadi solusi ketika mengalami perut yang kembung, sehingga rasa pegah akibat perut yang kembung ini dapat segera teratasi dengan meminum rebusan air daun beluntas.

 

Manfaat Beluntas Menghilangkan Bau Mulut

Kendala bau mulut pun dapat menjadi Permasalahan, terutama bagi mereka yang kerap kali berkomunikasi antar muka dengan banyak orang . Jika anda menderita permasalahan ini, maka disarankan untuk meminum air hasil rebusan daun beluntas atau gunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut kurang sedap. Sejumlah manfaat buah-buahan juga bagus dikonsumsi guna mengurangi bau mulut. Contohnya: strawberry, buah jeruk, dan anggur.

 

Manfaat Beluntas Menghilangkan nyeri haid

Kegunaan lain dari daun beluntas yang sangat bermanfaat untuk kaum hawa ialah karena kandungannya yang dapat membuat nyeri haid berkurang.

 

Manfaat Beluntas Untuk mengobati TBC

Siapkan batang dan daun beluntas lalu cuci sampai bersih, kemudian tambahkan rumput laut. terus masak dengan di tim hingga lunak, jadikan sebagai hidangan untuk dimakan.

 

Manfaat Beluntas Sebagai obat untuk mengatasi keringat dan penurun panas

Sediakan beberapa helai daun beluntas lalu cuci sampai bersih, kemudian direbus. Bisa juga diseduh menggunakan air mendidih sebagai minuman teh. Minumlah secara rutin pagi dan sore hari.

 

Manfaat Beluntas Mengatasi masalah hipertensi

Daun beluntas juga bisa mengobati penyakit hipertensi dengan cara meminum air dari hasil rebusan daun beluntas tersebut sebanyak 3 x 1 dalam sehari minimal 1 gelas.

Tentang Beluntas : manfaat daun beluntas untuk keputihan efek daun beluntas manfaat daun beluntas untuk kecantikan manfaat daun sirsak manfaat daun sirih manfaat daun beluntas untuk hipertensi manfaat jus daun beluntas manfaat daun beluntas untuk ibu menyusui lebihtau.com

 

Load More Related Articles
Load More By lebih tahu
Load More In Kesehatan

Check Also

14 Cara Alami memutihkan wajah

Wajah putih beseri dan cerah merupakan idaman setiap orang, terutama para kaum hawa. Wajah…